Report
#KosasihDay
Posted on 21 Apr 2014

share

Fb

tw

g+

Reonites, tau gak kalau tanggal 4 April 2014 yang lalu, insan perkomikan Indonesia merayakan sebuah hari spesial? Hari tersebut dikenal dengan nama #KosasihDay. Sebuah hari yang ditujukan untuk mengenang mendiang Bapak R. A. Kosasih yang dikenal publik sebagai Bapak Komik Indonesia. Selain karena jasa-jasanya dalam menasionalisasikan wayang menjadi sebuah bentuk genre dan kultur baru pada saat itu, juga karena beliau adalah pelopor dalam industri yang menghasilkan komik Indonesia yang secara khusus dan spesifik dicetak tersendiri. Tentu saja masih banyak lagi jasa beliau dalam dunia perkomikan yang akan sangat panjang bila disebutkan satu persatu.

kosadihday1

Wall of Tribute yang berupa kolase fan art yang digambar oleh para Reonites

Dan di hari peringatan itulah, generasi muda insan komik Indonesia “mentransfer” visi dan inovasi beliau ke era masa kini. Lewat berbagai jenis kegiatan di berbagai kota yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, perwujudan apresiasi terhadap almarhum R. A. Kosasih terus bermunculan dalam berbagai bentuk. Di Jakarta sendiri, kegiatan #KosasihDay diadakan dalam bentuk pameran di Galeri Serrum, Rawamangun, Jakarta Timur, di mana showcase dari kegiatan lomba yang diadakan re:ON Comics menjadi salah satu materi yang menarik perhatian pengunjung.

kosadihday2

Suasana #KosasihDay di Galeri Serrum

Sebagai bentuk partisipasi dalam rangka meramaikan #KosasihDay, re:ON Comics mengadakan sebuah kompetisi fan art tribute to R. A. Kosasih. Kompetisi diadakan secara online di laman Facebook re:ON Comics sendiri, dengan diikuti peserta dari berbagai kalangan yang berlomba-lomba mem-posting fan art mereka. Hasilnya pun melebihi ekspektasi yang diharapkan sejak awal. Redaksi dikejutkan dengan membludaknya jumlah karya serta antusiasme peserta sehingga akhirnya diputuskan untuk menambah jumlah hadiah untuk menyeimbangkan dengan jumlah karya masuk yang mencapai hingga 250-an karya.

kosadihday3

Seorang tamu yang sedang menikmati Wall of Tribute

Pada akhirnya, terpilihlah 20 karya pemenang serta beberapa karya tribute dari komikus re:ON Comics yang ikut dipajang secara spesial dalam pameran #KosasihDay Jakarta. Karya para peserta lain yang belum beruntung pun tidak ketinggalan ikut. Ratusan karya tersebut dikolasekan dalam satu tembok penuh dan dinamakan wall of tribute.

kosadihday4

Beberapa karya fan art yang terpilih sebagai pemenang lomba #KosasihDay oleh re:ON Comics

Kegiatan #KosasihDay ini pun menuai kesuksesan. Tiap kota yang mengadakan event tersebut diliput oleh media yang tertarik dengan gerakan massive ini. Di Jakarta sendiri, kegiatan ini sempat diliput oleh koran TEMPO dan menjadi headline. Liputan sepanjang 5 halaman ini juga menampilkan event dari re:ON Comics sebagai salah satu daya tarik utama.

kosadihday5

Liputan #KosasihDay di Koran Tempo

Back to Top