ComicFest ID 2018
Posted on 04 Feb 2019

share

Fb

tw

g+

Reonites, pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 7 dan 8 Juli 2018 lalu, perhelatan acara ComicFest ID 2018 sukses diadakan di Epiwalk, Jakarta Selatan. Berbagai macam keseruan mulai dari drawing battle antar komikus pro, kompetisi dubbing komik, lomba costreet, lomba foto cosplay, launching komik terbaru dari re:ON Comics dan Comico Indonesia, sampai penampilan dari idol group REBORN dan DJ REDSHiFT.

 

Hari pertama ComicFest ID 2018 dipandu oleh duo MC yang cantik dan imut yaitu Jeanice Ang, bersama Ola Aphrodite. Acara dibuka dengan perkenalan dari dua guest cosplayer utama yaitu Ying Tze dari Malaysia dan Pinky Lu Xun dari Australia. Kemudian disusul dengan Live Drawing Battle yang mempertandingkan juara utama dari kontes Comico Challenge pertama yaitu Adimas Soekidin melawan Erfan Fajar, komikus “Manungsa” dan komik “Kill Starter” yang akan tayang di Comico Indonesia.

Pinky Lu Xun dan Ying Tze

Guest cosplayer Ying Tze dan Pinky Lu Xun bersama Mii-kun

 

Semakin sore, acara semakin bertambah seru dengan dimulainya Final Comic Dubbing Competition dimana tim-tim yang bertanding memperlihatkan bakat dan kepiawaian mereka menyulih suarakan adegan-adegan dari komik Me vs Big Slacker Baby, karya Annisa Nisfihani dan juga komik Grand Legend Ramayana, karya Is Yuniarto.

 

Penjurian dilakukan oleh tiga orang juri, yaitu Gita Juwita, Esa Pavlichenko, dan juri tamu spesial, Kak Santosa Amin, yang dikenal sebagai dubber Suneo, Spongebob, dan berbagai karakter lainnya. Kak Santosa Amin juga memberikan penampilan spesial demo dubbing dari film animasi Doraemon kepada para pengunjung ComicFest ID 2018 sebelum mengumumkan para pemenang. Untuk kategori komik romance dimenangkan oleh tim Panggil Saja Bunga, sementara kategori komik action dimenangkan oleh tim Samurai Reject.

Dubbing Competition

Pengumuman para pemenang Dubbing Competition

 

Selain Dubbing Competition, panggung ComicFest ID 2018 di hari Sabtu itu juga dimeriahkan oleh launching komik terbaru dari re:ON Comics, yaitu re:ON volume 34 dan komik satuan Tawur volume 3 karya C . Suryo Laksono. Berikutnya, kuis tebak gambar yang dibawakan secara kocak oleh tim dari Komikin Ajah, dan ditutup dengan penampilan dari idol group REBORN.

 

Pada hari kedua ComicFest ID 2018 acara kembali dibuka dengan Live Drawing Battle, namun kali ini mempertandingkan dua komikus dari re:ON Comics yaitu Dini Marlina, komikus Reon & Friends, melawan Fachreza Octavio, komikus The Trespasser dalam Shivers volume tiga.

Launching re:ON Comics

Launching komik Ohayo Tokyo! bersama Pinky Lu Xun

 

Setelah itu, dimulailah talkshow peluncuran komik baru di Comico Indonesia berjudul Ohayo Tokyo! karya Andik Prayogo dan digambar secara ciamik oleh Fachreza Octavio. Ohayo Tokyo! komik yang bercerita mengenai petualangan cosplayer muda arogan di Jepang, sekarang sudah bisa dibaca di aplikasi Comico Indonesia, yang bisa di-download gratis di App Store maupun Play Store. Chapter terbaru akan di-update setiap hari Minggu.

 

Puncak acara di hari Minggu adalah Costreet Competition, dimana para cosplayer memperlihatkan kostum-kostum dan gaya mereka yang unik dan beragam di atas panggung secara bergantian. Hingga pada akhirnya terpilih 10 orang pemenang yang berhak mendapatkan uang tunai masing-masing Rp 500.000.

Costreet Competition

Peserta Costreet Competition bersama para juri

 

Berlanjut ke penampilan cosplay karakter-karakter dari re:ON comics yang dihadiri oleh Franzeska Edelyn sebagai Reon, Matcha Mei sebagai Reyna, Clarissa Punipun sebagai Oren, Jeanice Ang sebagai Rinka, Esa sebagai Breon, dan turut memperkenalkan karakter baru yaitu Noer yang di-cosplay-kan oleh Mayumi Reena.

Halo Reonites! Ketemu lagi sama Noer di Mini ComicFest ID by re:ON comics 3-4 November 2018 di Lotte Shopping Avenue....

Posted by Mayumi Reena on Tuesday, October 30, 2018

 

Setelah itu Ragasukma Studio yang digawangi oleh Sweta Kartika mempresentasikan kepada pengunjung mengenai studio komik silat mereka. Sebagai penutup kemeriahan ComicFest ID 2018, DJ REDSHiFT tampil dengan special dance performance oleh Ola Aphrodite yang sukses membuat riuh area panggung dengan pengunjung yang riuh bergoyang mengikuti irama lagu yang diputar.

REDSHiFT dan Ola Aphrodite

REDSHiFT dan Ola Aphrodite bersama pengunjung ComicFest ID

 

ComicFest ID 2018 disponsori oleh Teh Kotak, Ponimu, CWE, dan Datascrip Creative Tablet. Didukung oleh Epiwalk dan diselenggarakan oleh re:ON comics. [EP] [Photo: Dokumentasi ComicFest ID 2018]

Baca artikelnya lebih lanjut di re:ON Comics Volume 35!   

Ohayo Tokyo!
Beli Shivers vol. 3Beli di TokopediaBeli di Shopee
TawurBeli di TokopediaBeli di Shopee

Back to Top