Creators Super Fest 2017 by AFA
Posted on 30 Jan 2019

share

Fb

tw

g+

Pada 29-30 April 2017 yang lalu, Sozo dan re:ON kembali menghadirkan sebuah event menarik, Creators Super Fest 2017, acara yang lebih berfokus untuk memamerkan karya-karya para kreator muda, dari Indonesia maupun dari mancanegara.

Acara yang digelar di Grand Ballroom Hotel Pullman, Central Park, Jakarta, mulai dipadati pengunjung yang sejak pagi sudah mengantre menunggu dibukanya pintu masuk pada pukul 10 pagi. Namun demikian, kali ini pengunjung tak perlu takut berdesakan dan kepanasan, karena ruang tunggu antrean sangat sejuk dan nyaman.

Begitu memasuki area venue, booth re:ON yang berpunggungan dengan booth Wacom, langsung menyapa pengunjung. Di event Creators Super Fest 2017 ini, re:ON melakukan penjualan perdana komik antologi misteri Shivers volume 2 dan komik satuan Tawur volume 2 karya C. Suryo Laksono.

 Booth re:ON

Penampakan booth re:ON di CSF 2017

 

C. Suryo Laksono & Dini Marlina

Talkshow C. Suryo Laksono dan Dini Marlina

 

C. Suryo Laksono dan Dini Marlina, dua komikus re:ON, juga turut meramaikan acara panggung Creators Super Fest dengan talkshow dan duel menggambar di panggung. Tampil juga Rahmat Handoko dan Afif Numbo, dua komikus dari Caravan Studio, yang juga merupakan komikus Marvel dan DC Comics ini, menunjukkan kemampuan artistiknya di panggung dan kiat-kiat menembus pasar komik dunia, sambil melakukan demo menggambar. Keempatnya, bersama Chris Lie, juga merupakan juri dalam Art Duel babak penyisihan.

 Afif Numbo & Rahmat Handoko

Talkshow dan Demo Gambar oleh Afif Numbo & Rahmat Handoko

 

Art Duel

C. Suryo Laksono, Chris Lie, & Afif Numbo menjadi juri Art Duel


Dari mancanegara, hadir ilustrator John Hathway, dari Jepang dan Okita Kung, dari Thailand. Keduanya juga sempat menjadi juri bareng Chris Lie, dalam semifinal & final Art Duel yang merupakan salah satu acara panggung yang sangat dinanti-nanti para pengunjung.

Setelah melalui perjuangan yang sengit di final, akhirnya peserta dengan nama pena Exillia mengalahkan Yamyow dan menjadi juara pertama Art Duel kali ini. Lalu di posisi ketiga diraih oleh Soyatu.

 

Dalam sebuah acara komik dan anime, rasanya tidak puas kalau tidak disertai dengan lomba cosplay maupun kehadiran para guest cosplayer cantik dan ganteng untuk memanjakan mata.

Penggemar Franzeska Edelyn, Matcha Mei, Clarissa Punipun, dan Jeanice Ang, pun dimanjakan untuk bisa Meet and Greet gratis di panggung Creators Super Fest hari kedua. Bagi yang datang terlambat dan tidak kebagian giliran Meet and Greet, tetap dapat menemui cosplayer idola mereka di booth re:ON, dan memperoleh merchandise resmi mereka di sana.

Cosplayer re:ON Comics

Clarissa Punipun, Franzeska Edelyn, Matcha Mei, & Jeanice Ang

 

Selain itu, kehadiran Ying Tze dari Malaysia, Baozi & Hana dari China, serta M.G. dari Hong Kong, menjadi daya tarik utama para penggemarnya untuk memadati setiap acara Meet and Greet yang diselenggarakan.

Ying Tze

Ying Tze bersama para fansnya

 

Clarissa Punipun dan Matcha Mei, juga sempat memberikan Cosplay Props Workshop. Sedang Ying Tze dan Hana Baozi, memberikan make-up workshop untuk cosplay.

Cosplay Props Workshop

Cosplay Props Workshop oleh Clarissa Punipun & Matcha Mei

 

Alunan musik yang dimainkan DJ Kazu dari Jepang dan penampilan Redshift, serta Shojo Complex, membuat para pengunjung antusias bergoyang mengikuti irama musik yang menghentak. Dari tim dewan juri yang terdiri atas, Ying Tze, M.G., Hana, Baozi, Clarissa Punipun, dan Matcha Mei, diputuskan bahwa para pemenang lomba cosplay Creators Super Fest 2017, adalah Apriyanto Gunarso, yang memerankan Koi Nami, dari League of Legends, sebagai juara pertama, lalu juara kedua diraih oleh Yudhistira, yang memerankan karakter Kiba, dari Garo, dan juara ketiga dimenangkan oleh Rikku Tachibana, yang memerankan Mafia Jinx, dari League of Legends. Sementara untuk kategori Best Costume diraih oleh Martin Hertanto, yang memerankan Tibbers, dari League of Legends. Sedang peraih Judge’s Favorite adalah Natanael Adrian Estrada, yang memerankan Beast, dari Disney’s Beauty and the Beast.

Lomba Cosplay

Suasana saat pengumuman pemenang lomba cosplay

 

Di area comic market, seluruh booth yang disediakan terisi penuh oleh peserta comic market yang memadati separuh wilayah Creators Super Fest.

Comic Market

Keramaian pengunjung di area Comic Market

 

Menariknya, mayoritas para pengisi booth adalah para kreator muda yang benar-benar memahami produk apa yang sedang laku di pasaran. Umumnya mereka menjajakan produk-produk doujinshi dari anime dan manga yang memang sedang ngetop saat ini. [AP] [Photo: Dokumentasi CSF 2017 & re:ON Comics] 

Panitia CSF 2017

Panitia Creator Super Fest 2017 berfoto bersama

 Baca artikel selengkapnya di re:ON Comics Volume 27!

Beli di TokopediaBeli di Shopee

Back to Top