Faint Star
Posted on 02 Feb 2017

share

Fb

tw

g+

Hai, Reonites, kali ini, kita akan membahas dan berkenalan lebih lanjut dengan Faint★Star, sebuah duo pop dari Jepang, yang terdiri dari HINA dan YURIA, diproduseri oleh Kenji Tamai & agehasprings, tim musik paling kreatif di Jepang.

Lagu berjudul Koboreteshimattamizunoyouni yang dirilis pada tahun 2014 merupakan debut single Faint★Star. Sejak saat itu, mereka kemudian merilis empat lagu single dan sebuah album. Single terbaru mereka yang berjudul Never Ever dirilis April 2016 dan digunakan sebagai lagu tema untuk film Dokumushi.

Lagu-lagu Faint★Star menampilkan musik kreatif berkualitas tinggi yang jauh melampaui musik girl group sejenis di Jepang. Mereka tampil langsung dalam acara mereka sendiri, Faint★Star presents Tokyo Sound Collection, berlangsung di Tokyo sejak Agustus 2014.

Tidak hanya di Jepang, mereka juga terus mengadakan konser live di luar negeri. Faint★Star juga pernah tampil live di Ennichisai di Jakarta pada Agustus 2015. Saat itu adalah pertama kalinya mereka mengadakan pertunjukan live di luar Jepang.

Bersama dengan para fans di Indonesia

Sejak itu mereka telah enam kali datang ke Indonesia. Mereka juga pernah tampil di Jogja Japan Week 2015 sebagai duta resmi, dan tampil live di festival kampus di Bandung. Lalu hadir lagi di Indonesia Comic Con 2015, Japan Wave Expo 2016, dan Ennichisai 2016. Kalian juga dapat membaca kisah mereka di situs My Kawaii Style dan adaptasi kisah mereka dalam bentuk komik berjudul Our Teachers are Artists yang tampil berseri di re:ON Comics. Faint★Star, yang dalam bahasa Jepang disebut “kasuka na hoshi” atau “bintang temaram” dalam bahasa Indonesia, dan harapannya Faint★Star, akan segera bersinar menjadi bintang besar yang bersinar, tidak hanya di Jepang, tapi juga ke seluruh dunia.

 

 

Faint★Star dan Tokyo Sound Collection

Tokyo Sound Collection adalah sebuah acara live entertainment Jepang, di mana duo pop Faint★Star berperan sebagai host acara, yang menampilkan pertunjukan musik pop Jepang terpopuler ke seluruh dunia. Sebuah acara yang diproduksi oleh agehasprings, produser musik ternama dari Jepang.

Sejak tampil perdana pada Oktober 2014, sejauh ini TSC telah 12 kali diadakan. Acara TSC Festival dalam skala besar telah diadakan di Daikanyama UNIT pada 22 Desember 2015. Dan Film Konser pertama Faint★Star LIVE! at Tokyo Sound Collection Fes. 20151222 Re:Struction To:Faint★Star, akhirnya dirilis dan diedarkan. Film ini disutradarai oleh Takamura Tsuyoshi dan bekerjasama dengan sinematografer Echigo Yuta.

Setelah tampil beberapa kali dalam konser live di Indonesia, popularitas mereka di Jepang pun ikut melonjak. Sejak Februari 2016, lokasi TSC dipindahkan ke GLAD, di Shibuya. Mereka memproduksi konsep visual yang lebih canggih dengan mengunakan sinar laser yang disinkronisasikan dengan irama lagu. Setelah menunggu sekian lama, para penggemar akan dipuaskan dengan konser tunggal mereka yang akan diselenggarakan pada 7 Oktober 2016.

 

HINA

(Akun resmi: )

Nah, sekarang mari kita ngobrol dengan personil Faint★Star, yuk. Mereka adalah HINA dan YURIA. Kita mulai dari HINA-chan terlebih dahulu.

Halo, HINA, bisa diceritakan sedikit tentang kamu?

Halo, namaku HINA, aku lahir dan besar di prefektur Tochigi, Jepang. Itu adalah sebuah tempat yang masih alami, dimana burung-burung, kelinci, rubah dan babi hutan sering bermunculan, seperti sebuah tempat dalam Pokemon Go yang menjadi nyata. Saat masih anak-anak, aku sering bermain membuat markas rahasia, berpura-pura menjadi seorang mata-mata,lalu masuk ke dalam lubang yang aku isi dengan daun kering, dan juga bermain getah-getah dari pepohonan.

Saat ini kesibukanku banyak dihabiskan di Shibuya, Tokyo, sebuah kota yang sangat besar dan ramai! Saking ramainya, saat di jalan, orang selalu bersenggolan. Di sini ada pusat perbelanjaan 109, yang penuh dengan toko-toko dengan pengunjungnya yang sangat modis.

Kalau hobi?

Kalau hobi, aku biasanya mengisi waktu luang dengan melakukan yoga, atau mendengarkan musik heavy metal. Entah kenapa, akhir-akhir ini, aku jadi suka sekali makan jelly, sampai-sampai YURIA-chan bilang, aku ini seperti kumbang.

Ah, makanan favorit selain jelly?

Aku juga suka makan Takoyaki dan Sushi. Kalau makanan Indonesia, aku suka Nasi Goreng, Mie Goreng, Nasi Gila, dan Jus Mangga.

Keinginan HINA yang belum terwujud?

Aku ingin menjadi model iklan kopi instan yang aku sukai dan selalu aku minum saat datang ke Indonesia!

Cowok idaman HINA itu yang seperti apa?

Cowok yang aku suka adalah cowok humoris, yang bisa membuatku tertawa, dan memiliki mata indah.

Komentar HINA soal cowok Indonesia?

Di Indonesia, menurutku banyak sekali cowok yang sangat pintar di bidang IT. Trus, sangat sabar dan keren.

Bagaimana pendapat kamu mengenai komik Faint★Star: Our Teachers are Artists?

Kualitas artistiknya sungguh bagus! Aku senang sekali. Karena sebenarnya aku juga suka komik, seperti Naruto, Dragonball, dan lain-lain. Sehingga buatku, bisa menjadi sebuah tokoh komik itu sangat luar biasa dan exciting.

Bisa diceritakan mengenai karier musik kamu?

Setelah bubarnya Tomapai (Tomato n’Pine), grup musikku dulu, keinginanku berkarir di industri musik masih belum sirna, itulah sebabnya aku bergabung dengan YURIA-chan dalam Faint★Star.

Tantangan yang paling sulit saat debut?

Setelah debut, tantangan paling sulit adalah saat mencoba mengingat kalimat pembuka waktu mengadakan konser di luar negeri. Sangat susah menghafalkan bahasa asing, tetapi setelah berhasil, wah rasanya sangat lega dan puas.

Komentar mengenai konser tunggal pertama yang akan diadakan di Shibuya, Tokyo pada 7 Oktober 2016?

Ini adalah mimpi yang telah lama aku tunggu-tunggu. Rasanya seperti ingin mengeluarkan laser beam dari mata dan jari-jariku! Kalau ada waktu, datang dan saksikan konser kami ya, apalagi tiketnya gratis untuk wisatawan asing dan warga negara asing yang tinggal di Jepang. Oh, ya, nanti aku minta kalian untuk fokus pada voguing dan synchronizing kami, yah!

 

YURIA

(Akun resmi: Instagram)

Halo YURIA-chan, bisa diceritakan mengenai kamu?

Halo, aku YURIA, aku lahir dan dibesarkan di pusat kota Tokyo, rumahku dekat dengan stasiun kereta yang dikelilingi oleh banyak supermarket dan minimart. Saat masih anak-anak, aku sering bermain rumah-rumahan dan bermain boneka Barbie.

Saat ini basis kegiatan kami berada di Shibuya. Kalau berbicara tentang Shibuya, tentunya akan langsung ingat pada persimpangan di depan stasiun! Di tempat itu sering sekali terlihat turis yang datang dan mengambil foto. Itulah ciri khas Shibuya!

Makanan favorit YURIA, apa saja sih?

Aku sangat suka Yakiniku, Ramen, dan Sushi! Kalau makanan Indonesia, aku suka Sop Ayam dan Mie Ayam.

Kalau hobi YURIA?

Aku suka karaoke seorang diri saja, lalu bouldering, dan juga menonton drama TV.

Kesibukan sekarang ini?

Aku jadi suka memasak, bahkan aku pernah mencoba untuk membuat semur dan pasta! (Ini tidak bohong!)

Apakah masih ada keinginan yang belum terwujud?

Aku ingin mengadakan konser tunggal di luar negeri! Terutama konser tunggal di Indonesia, secepatnya!

Cowok idaman YURIA itu seperti apa?

Aku suka cowok berotot, seperti Cristiano Ronaldo.

Komentar YURIA soal cowok Indonesia?

Cowok Indonesia itu ramah dan penuh dengan senyuman manisnya yang hangat.

Bagaimana pendapat kalian mengenai komik Faint★Star: Our Teachers are Artists?

Menurutku sangat hebat. Aku jadi sangat excited membacanya, karena di dalam komik tersebut, badanku jadi lebih bagus, hahaha.

Bisa diceritakan awal mula karier di dunia musik?

Setelah lulus audisi untuk menjadi partner HINA-chan dan bergabung dengan Faint★Star.

Hal tersulit yang pernah dialami setelah debut?

Saat menghafalkan bahasa lokal untuk kalimat pembuka di konser. Susah sekali, tetapi hasil kerja kerasnya itu sepadan!

Komentar terhadap konser yang akan diadakan di Shibuya, Tokyo pada 7 Oktober 2016?

Karena ini adalah konser tunggal yang sudah aku nantikan, aku akan berusaha semaksimal mungkin dan akan mengeluarkan seluruh kemampuan kami! Saat konser, kami akan menyanyikan lagu kami yang lama dan juga yang baru, koreografi juga banyak yang di-upgrade! Juga akan ada banyak lagu yang akan kami nyanyikan dengan hand mic! Karena ini adalah konser tunggal, pastinya akan ada banyak yang seru untuk ditonton!

[Photo: dokumentasi Faint★Star] 

Baca artikelnya lebih lanjut di re:ON Comics Volume 23

Cari tahu lebih banyak tentang Faint★Star melalui:

Youtube Channel

Media Sosial

Instagram @faintstar_tokyo

Situs Resmi

http://www.faintstar-tokyo.jp

Back to Top