Mini ComicFest ID 2018
Posted on 04 Feb 2019

share

Fb

tw

g+

Hai, Reonites, sekali lagi re:ON Comics menghadirkan acara bertajuk Mini Comic Fest ID, yang diadakan di Lotte Shopping Avenue Mall, pada tanggal 3 dan 4 November 2018 lalu. Seperti acara-acara sebelumnya, Mini ComicFest ID juga diisi dengan berbagai kompetisi yang menarik serta para pengisi acara yang seru.

Di hari pertama Mini Comicfest ID 2018, acara dibuka oleh duo MC yang imut dan cantik lengkap dengan tampilan cosplay mereka. Jeanice Ang yang ber-cosplay memperkenalkan karakter Rion, humanoid version dari majalah re:ON Comics, yang baru pertama kalinya kami perkenalkan di acara ini, dan Ola Aphrodite dengan kostum gothic lolita-nya.

Selanjutnya diadakan kompetisi Live Drawing Battle, yang didukung oleh Garena AOV Indonesia. Pada babak pertama dipertandingkan enam peserta terpilih untuk menjadi finalis di babak kedua.

Acara semakin bertambah seru dengan dimulainya Karaoke Competition, di mana para finalis menunjukkan kepiawaian mereka dalam dunia tarik suara sambil membawakan lagu wajib dari re:ON Comics, yaitu Sahabat atau Teruslah Berlari, serta membawakan satu lagu bebas pilihan mereka masing-masing. Dewan juri terdiri dari tiga orang, salah satunya adalah Tanya Ditaputri, penulis lagu Sahabat dan Teruslah Berlari. Sementara dua juri lainnya adalah Franzeska Edelyn, selaku penyanyi asli kedua lagu tersebut, dan AYA Anjani, juri tamu sekaligus special guest kali ini. Kontes ini dimenangkan oleh Andrew Golonda sebagai juara pertama, Aseng Pasaribu sebagai juara kedua, dan Mira sebagai juara ketiga.

 Penampilan AYA Anjani

Penampilan AYA Anjani di hari pertama Mini ComicFest ID

Sore harinya, pengunjung dihibur dengan penampilan AYA Anjani, yang membawakan beberapa lagu nostalgia dari anime-anime lawas dan juga lagu-lagu original ciptaannya sendiri.

Kemudian acara dilanjutkan dengan final Live Drawing Battle dan dimenangkan oleh Kurnia Bintang sebagai juara pertama, Hana Ramadhani sebagai juara kedua, dan Alfiati W. Wardhani sebagai juara ketiga.

Tibalah acara yang ditunggu-tunggu, penampilan Franzeska Edelyn sebagai Reon menyanyikan lagu Sahabat dan Teruslah Berlari. Acara hari pertama ini ditutup dengan penampilan dari DJ SOBA, yang membawakan medley lagu-lagu anisong yang seru abis. Pengunjung langsung ikut bergoyang dan sesekali ikut menyanyikan lagu-lagu anime favorit mereka.

 

Hari kedua Mini Comicfest ID 2018 dibuka dengan talkshow dari Comico Indonesia yang meluncurkan komik terbaru mereka berjudul Fan Service, dengan menghadirkan kreator komik tersebut, yaitu C. Suryo Laksono sebagai penulis cerita, Adriane Yuanita sebagai illustrator-nya, dan Evelyn sebagai editor. Komik Fan Service dapat dibaca di aplikasi Comico Indonesia, yang bisa di-download gratis di Play Store & App Store.

 Launching Fan Service

Launching komik Fan Service di aplikasi Comico Indonesia

 

Talkshow kedua dibawakan oleh re:ON Comics yang meluncurkan majalah re:ON volume 37 dan komik kompilasi horor Shivers volume 4. Talkshow dibawakan oleh Esa Pavlichenko sebagai community manager dan Gita Juwita sebagai editor in chief.

Tiba-tiba suasana di sekitar Mini Comicfest ID menjadi mencekam dengan munculnya sosok pocong menyeramkan, mengiringi dimulainya talkshow DreadOut The Movie yang menghadirkan tiga bintang pemeran film tersebut, yaitu Caitlin Halderman sebagai Linda, Irsyadillah sebagai Beni, dan Ciccio Manassero sebagai Alex. Ketiga artis tersebut membagikan pengalaman syuting dan proses pembuatan film DreadOut The Movie yang akan dirilis pada bulan Januari 2019.

 Talkshow DreadOut

Talkshow dengan para pemeran DreadOut The Movie

Acara semakin seru dengan dimulainya Costreet Competition, yang menghadirkan puluhan cosplayer dengan kostum-kostum unik mereka untuk memperebutkan gelar juara bagi 10 orang pemenang. Selanjutnya diadakan Duel Retjeh babak pertama dimana para peserta saling mengadu jokes receh mereka untuk membuat lawan lengah dan tersingkir. Berlanjut ke lomba berikut, yaitu AOV Cosplay Competition. Para peserta wajib mengenakan kostum karakter mobile game AOV untuk kesempatan memenangkan uang tunai senilai total enam juta rupiah.

Disusul dengan kompetisi unik, yaitu Ramen Eating Challenge, yang didukung oleh Nissin. Para peserta diharuskan menghabiskan dua porsi Gekikara Premium Super Pedas dalam waktu maksimal 5 menit. Acara kemudian dilanjutkan dengan babak final Duel Retjeh yang pada akhirnya dimenangkan oleh Adhitya Daniel sebagai juara pertama, Achmad Noor sebagai juara kedua, dan M. Abdillah sebagai juara ketiga. Ada yang bisa menebak apa hadiah lomba ini? Tentu saja uang recehan senilai total 750 ribu rupiah!

 Shojo Complex

Penampilan Shojo Complex sebagai penutup Mini ComicFest ID

Sebagai penutup, penampilan idol group Shojo Complex sukses membuat para pengunjung di Main Atrium Lotte Shopping Avenue, ikut menyanyi dan menari bersama.

Mini Comicfest ID 2018 disponsori oleh KitKat. Didukung oleh Kizaru Japan, Garena AOV Indonesia, Nissin Gekikara Premium, Goodhouse.id, Nimpuna, dan Yuzu Tea. Diselenggarakan oleh re:ON Comics Event Organizer. [EP] [Photo: Dokumentasi ComicFest ID 2018]

Baca artikelnya lebih lanjut di re:ON Comics Volume 38

Beli Shivers vol. 4Beli di TokopediaBeli di Shopee

Back to Top