3 Kota 4 Event Launching re:ON Vol 10 di Bulan November
Posted on 27 Dec 2014

share

Fb

tw

g+

YEAH! Akhirnya kelar sudah semua event yang diikuti re:ON Comics di bulan November yang lalu. Bayangkan saja, ada 4 event yang diadakan di 3 kota dan di minggu yang sama pula di bulan November. Bahkan 3 di antaranya terjadi di hari yang sama! Benar-benar gokil dah! Yuk, dibaca liputan lengkapnya.

MangaFest Himaje UGM, Jogjakarta
Acara yang sudah keempat kalinya diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jepang UGM ini, digelar di Jogja National Museum, dan berlangsung dari tanggal 15 hingga 16 November 2014. Berbagai seminar, pameran, dan aneka lomba seperti lomba manga, lomba karaoke, dan cosplay yang diadakan disambut meriah oleh para pengunjung.

Selain itu kehadiran para komikus-komikus kebanggaan Indonesia juga menjadi magnet tersendiri bagi acara ini, seperti: Is Yuniarto, C. Suryo Laksono, Andik Prayogo, dan Annisa Nisfihani yang dihadirkan re:ON langsung dari Tenggarong, Kalimantan Timur, untuk menyapa Reonites di Jogja.

Tim re:ON juga sempat terkejut dengan sambutan meriah dari Reonites Jogja, yang langsung menyerbu barang dagangan di booth re:ON Comics. Hampir seluruh komik re:ON dari volume 1 hingga volume 10 yang release perdana di acara ini terjual habis! Padahal selewat pukul tiga sore booth re:ON boleh dibilang sudah tidak lagi melayani pembelian karena hujan deras disertai angin kencang membuat segala aktifitas terpaksa dihentikan, ditambah sempat mati listrik juga loh. Alhasil, tenda booth re:ON sempat menjadi tempat perlindungan bagi para pengunjung yang terjebak hujan di tengah acara ini.

Walaupun acara ini skalanya belum sebesar event-event internasional yang sering diikuti re:ON di Jakarta, namun kesigapan panitia yang seluruhnya merupakan mahasiswa UGM ini patut diacungi jempol.

vol10 1

Reonites menyerbu booth re:ON

vol10 2

Reonites berfoto bareng re:ON artistes

vol10 3

Keramaian di panggung utama MangaFest

Indonesia Toy Game Comic Convention, Jakarta
Untuk pertama kalinya Jakarta menjadi ajang dilangsungkannya Indonesia Toys Games Comic Convention (ITGCC) yang diadakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada 22-23 November yang lalu.

Produsen mainan kelas dunia, pelaku industri kreatif, dan penerbit komik hadir dan membuka booth di event ini, termasuk re:ON Comics tentunya. Istimewanya, re:ON turut menghadirkan Café Platina Parlour, lengkap dengan butler-butlernya yang terkenal ganteng dan ramah. Tak ayal, para nona-nona fans serial komiknya langsung heboh dan menyerbu café ini, bahkan ada seorang nona yang masuk ke dalam café hingga lebih dari 8 kali!

Selain kehadiran para komikus re:ON, seperti Felix Setiawan, Ino Septian, Nan Nan, dan Annisa Nisfihani, di event ini juga sempat muncul penampakan dari Frea Mai sebagai Shinta dari komik Grand Legend Ramayana. Frea adalah cosplayer berbakat yang sempat memenangkan best costume dalam acara Jakarta Cosplay Parade di Monas beberapa waktu yang lalu. Selain Shinta, Reon dan Reyna juga sempat mampir dan berkeliling di acara ini lho.

Sayangnya, karena kurangnya promosi, bentrok dengan event lain serta harga tiket masuk yang lumayan tinggi, membuat antusias pengunjung kurang terlihat di acara ini. Padahal secara kualitas, acara ini bagus banget, lho.

vol10 4

Penampakan booth re:ON di ITGCC

vol10 5

Shinta sedang diwawancara salah satu stasiun tv

vol10 6

Para nona sedang mengantri masuk Cafe Platina Parlour

vol10 7

Suasana di dalam Cafe Platina Parlour

HelloFest Anima Expo 10, Jakarta
Event lain yang diadakan bersamaan waktunya dengan ITGCC adalah HelloFest Anima Expo 10, yang pada tahun ini diadakan di Komplek Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Walau diadakan di luar ruangan dengan panas terik yang super menyengat, acara ini mampu menyedot puluhan ribu pengunjung yang memadati hampir seluruh area. Booth re:ON yang berada di tenda Polar A, juga menjadi incaran para pengunjung yang langsung menyerbu komik re:ON volume 10 beserta seluruh merchandisenya. Apalagi dengan adanya paket komik, kalender 2015, & kipas yang makin membuat para Reonites kalap memborong.

Di HelloFest kali ini, re:ON ditemani oleh KakaoTalk dan Inspira, produk stationery berkualitas dari Pabrik Kertas Tjiwi Kimia, yang membuka booth bareng re:ON. Para pengguna KakaoTalk yang sudah mendonload sticker re:ON, berkesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah menarik di booth re:ON.

Para komikus yang hadir di HelloFest adalah: Andik Prayogo, Shu Eirin, C. Suryo Laksono, Annisa Nisfihani, Vino, dan Ino Septian. Tentunya kehadiran mereka langsung disambut para Reonites pemburu tanda tangan yang langsung menyodorkan tumpukan koleksi komik re:ON mereka untuk ditanda tangani. Sambutan hangat Reonites juga diberikan kepada Annisa yang datang jauh-jauh dari Kalimantan Timur untuk menjumpai penggemarnya. Bahkan Suryo, sempat disapa oleh salah satu Reonita yang datang dalam kostum Mama Starki dari komik Tawur karyanya!
Seperti di event-event sebelumnya, cosplayer Franzeska Edelyn yang tampil sebagai Reon dan Matcha Mei sebagai Reyna juga dihadirkan. Alhasil ratusan pengunjung, terutama kaum Adam, langsung menyerbu keduanya untuk berfoto dan meminta tandatangan. Akibatnya poster-poster yang bergambar karakter Reon dan Reyna langsung ludes terjual.

Sayang event yang selama ini menjadi favorit para cosplayer lokal ini harus agak sedikit tercoreng akibat adanya perubahan cara pembayaran dari sponsor utama, yang sungguh merepotkan dan mustahil dilaksanakan saat antrian pembeli sudah mengular hanya untuk membayar. Selain itu juga amat disayangkan terjadinya beberapa insiden yang melibatkan pihak sekuriti acara ini, yang membuat kecewa para cosplayer. Namun dari semua kekurangan yang ada, kami berharap dan yakin bahwa di HelloFest mendatang, pastinya semua masalah ini akan dapat dikoreksi dan diselesaikan dengan baik.

vol10 8

Booth re:ON diserbu Reonites

vol10 9

Reyna & Reon berfoto di depan booth re:ON

vol10 10

Reon mengambil undian berhadiah KakaoTalk

Pasar Seni ITB, Bandung
Acara yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali oleh Kampus ITB Bandung ini tentunya terlalu sayang untuk dilewatkan. Inilah yang menjadi pertimbangan re:ON Comics untuk turut serta hadir di acara ini, walaupun jadwalnya bersamaan dengan ITGCC dan HelloFest.

Ya, hari Minggu 23 November merupakan hari yang bersejarah, karena untuk pertama kalinya re:ON hadir di 3 event sekaligus dan kota yang berbeda!

Kerumunan pengunjung yang menyemut memenuhi nyaris seluruh bidang tanah yang bisa diinjak Reonites Bandung. Bahkan ada yang sempat menunggu lama sebelum booth re:ON buka, akibat para crew re:ON terjebak kemacetan dan pengalihan arus selama acara ini berlangsung.

Komikus yang bertugas di acara ini adalah Ockto Baringbing dan Chris Lie. Keduanya rela berbasah-basah menyelamatkan barang-barang dagangan saat hujan deras yang tiba-tiba datang mengguyur Kota Bandung. Tentunya hal ini menjadi pengalaman yang sangat seru, apalagi terlihat beberapa Reonites tetap ada yang memaksakan diri berhujan-hujan ria demi mendapatkan re:ON volume 10 dan kalender re:ON 2015 yang juga dijual dalam paket harga khusus dalam acara ini.

vol10 11

Keramaian di Pasar Seni ITB Bandung

vol10 12

Chris Lie sedang menawarkan CD Rinka kepada Reonites

vol10 13

Barang-barang yang dijual di booth re:ON

Itulah keempat event launching re:ON 10 yang diadakan di 3 kota dalam bulan yang sama. Bravo! Untuk tim penjualan re:ON, dan Reonites yang telah mendukung re:ON selama ini. Sampai jumpa di liputan selanjutnya. [AP]

 

Back to Top