re:ON Comics @ Mangafest Jogja 2015
Posted on 29 Jan 2016

share

Fb

tw

g+

Hai, Reonites! Pada tanggal 17 – 18 Oktober 2015 lalu, re:ON hadir di acara komik paling keren di Jogjakarta, yaitu MangaFest, yang merupakan acara tahunan yang dipersembahkan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang UGM (HIMAJE).

Tidak seperti acara jejepangan lainnya, MangaFest mengangkat Manga atau Komik sebagai fokus acara. MangaFest diharapkan menjadi wadah bagi penikmat komik maupun komikus yang sedang mengembangkan karyanya. Tahun 2015 ini adalah tahun kelima MangaFest diadakan. Untuk pertama kalinya, MangaFest menggunakan Bima Hall B & C Jogja Expo Center. Dengan venue yang lebih besar, MangaFest hadir dengan lebih banyak stand dan tentunya rangkaian acara yang lebih menarik.

MangaFest 2015 mengangkat tema “Heroween” yang merupakan gabungan kata Hero dan Halloween. Tema ini dimaksudkan agar MangaFest menjadi tempat berkumpulnya pahlawan sebagaimana Halloween adalah saat berkumpulnya para hantu. Acara utama MangaFest yaitu Manga Competition mengusung tema Super Hero. Pada tahun ini MangaFest mengadakan lomba baru yaitu Lomba Komik Bisu dengan tema Harapan. Pengumpulan karya komik dilakukan pada bulan Mei hingga bulan September. Ada sekitar 150 karya komik dari seluruh Indonesia yang diterima. 25 Manga terbaik dan 10 Komik Bisu terbaik hasil penilaian juri dipamerkan pada acara MangaFest 2015.

Hari pertama MangaFest 2015, 17 Oktober 2015 dibuka oleh sambutan dari Kepala Program Studi Sastra Jepang UGM, Stedi Wardoyo S.S. M.A. dan Ketua Panitia MangaFest, Nikita Wahyu Setio. Sambutan diakhiri dengan pemukulan gong sebagai tanda dibukanya acara MangaFest 2015. Setelah itu panggung disuguhi dengan tarian-tarian nusantara, talkshow, kompetisi karaoke & dubbing, dan penampilan-penampilan dari beberapa band lokal.

Booth re:ON

Penampakan Booth re:ON di MangaFest 2015

Product

Barang-barang yang dijual di booth re:ON

Tahun ini re:ON Comics membawa Gita Juwita, editor re:ON Comics untuk bertemu langsung dengan para calon komikus Jogja yang tertarik mengirimkan karyanya ke re:ON. Walau booth re:ON berada tepat di depan panggung dan sesekali susah untuk berkomunikasi karena suara kencang dari atas panggung, para calon komikus tetap antusias membawa komiknya dan berkonsultasi dengan sang editor.

Pada hari kedua MangaFest, 18 Oktober 2015 kepadatan pengunjung meningkat, ini bisa dilihat dari antrian pada ticket box dan pintu masuk. Kompetisi-kompetisi yang dilaksanakan pada hari kedua juga tidak kalah menarik, antara lain Sushi Eating Championship, lomba karaoke part 2, final lomba dubbing, coswalk, dan speed drawing digital.

Menjelang akhir acara pengumuman pemenang dari seluruh kompetisi dibacakan oleh MC. Manga Competition yang merupakan acara utama MangaFest dimenangkan oleh Bayu Edvira Paskalis dan Lanang Putro dengan karya “Mbak Narator”. Secara berturut-turut juara kedua, ketiga, serta juara favorit pengunjung adalah karya berjudul “Where Are You Superhero” (Salma Mahardika P, Nabila Zaskia N, M Fikri Bahtiar, Mahardika Dwi S), “First Appreciate Your Own Hero” (Vidya Metta Murti), dan “Orange Head” (Muhammad Syaiful Ghozi). Sementara pemenang Lomba Komik Bisu yang dibagi dalam empat kategori yaitu Best Choice: Benih (Ozora Rahyu), Best Artwork: Last Re.sort (Yuri Maharani, Melly Cahlia), Best Character: Find Me (Gibron Tutuko L. Tobing), dan Best Story: Resilience (Evelyne dan Amelia). Dan di antara ke-35 komik terbaik tersebut akan diterbitkan re:ON Comics secara online di situs ini.

Stage

Panggung dipenuhi oleh para penonton

Acara ditutup dengan meriah oleh penampilan Rockusatsu yang membawakan lagu-lagu jejepangan dengan gaya rock khas mereka. Terima kasih atas sambutan Reonites Jogja terhadap kehadiran kami di Jogjakarta, ya. Sampai jumpa di acara selanjutnya.

Laporan : Perwira F.J.
Foto : Panitia MangaFest

Back to Top